Selasa, 29 Oktober 2013

Mengukir Prestasi Bersama SMP Negeri 2 Ampel

SMP NEGERI 2 AMPEL





MENGUKIR GENERASI SANTUN YANG SARAT PRESTASI
oleh Esroq Heru P, S.Pd., M.Pd., RR. Binarni Rahayu, S.Pd., M.Pd. 
Santoso, S.Pd., 


          Sebuah metafor senantiasa mengingatkan kita, “bahwa pemuda adalah tulang punggung negara”. Betapa rapuhnya suatu bangsa, manakala kaum mudanya lemah ilmu dan iman, tidak berkarakter, dan tidak siap menghadapi era global, yang begitu ketat persaingannya.
SMP Negeri 2 Ampel, dengan Kepala Sekolah Ibu RR Binarni Rahayu, S.Pd., M.Pd., bertekad keras membentuk genarasi santun, pelajar yang religius, yang mampu mengembangkan potensi akademik dan non akademiknya.

Mengukir Generasi Santun
          Kesantunan adalah pintu pembuka menuju pembentukan generasi yang berkarakter. Generasi ini tampil mengundang simpatik. Daya tariknya, karena mereka telah memiliki kesadaran betapa pentingnya pondasi iman dalam hatinya. Persoalannya adalah, membentuk pelajar yang berkarakter tidaklah  seperti membalik telapak tangan.
          SMP Negeri 2 Ampel melalui program intrakurikuler (proses pembelajaran) dan ekstrakurikuler berupaya membekali pelajarnya menuju anak didik yang benar-benar berilmu kuat dan mampu mengembangkan bakat dan minat pribadinya.
Proses pembelajaran klasikal terlaksana dengan sistematis, menyenangkan, bermutu bernuansa CTL (Contextual Teaching Learning). Aneka ekstrakurikuler (BTA & Qiroah, Baca Puisi, sepakbola, majalah dinding & jurnalistik, KIR) terlaksana dengan begitu menarik dan meriah.
          Para pelajar SMP Negeri 2 Ampel dengan kemampuan yang rata-rata berkualifikasi cukup, menjadi tantangan tersendiri bagi guru-gurunya. Sang guru dengan komitmennya, dengan strateginya, untuk memberdayakan potensi yang cukupan itu, menuju wujud prestasi yang terbaik. Sisi kurang bidang akademik ini akan tertutupi dengan pengembangan potensi non-akademik yang memikat.
          Disemangati oleh pesan  Thomas Alfa Edison bahwa “Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat. Tidak ada yang menggantikan kerja keras. Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan”. Edison mengingatkan bahwa penentu keberhasilan bukan terletak pada kemampuan otak semata, tetapi wajib diimbangi dengan kerja keras secara menyeluruh. Dengan cara begitu, sebuah cita-cita yang diidam-idamkan bakal terwujud.
          Kerja keras segenap stakeholders SMP Negeri 2 Ampel tanpa kenal lelah yang dapat mengantarkan sekolah di Kecamatan Ampel ini mampu tampil menjadi sekolah yang diminati dan dicintai oleh masyarakatnya. 49 (empat puluh Sembilan) guru karyawan/karyawati, komite sekolah seluruh siswa, dengan arahan-arahan Kepala Sekolah bersama pembantu kepala sekolah menciptakan kerja sama yang rapi, harmonis, dan saling menyemangati. Menuju pencapaian visi dan misi sekolah supaya berhasil dengan membanggakan.
          Penyiapan siswa-siswa yang memiliki keimanan dan kepribradian santun adalah visi pokok yang harus diupayakan oleh SMP Negeri 2 Ampel. Dengan keteguhan iman dan kesantunan pribadi para siswanya, menjadi tekad SMP Negeri 2 Ampel. Dengan bekal kokohnya mental iman dan kematangan pribadi itulah, para siswa dapat menjadikan dirinya sebagai generasi penerus yang berhasil di kemudian hari.
          Upaya penciptaan kesantunan ini dimulai dari hal biasa tetapi sangat penting maknanya. Yakni melalui kebiasaan bersalaman setiap bertemu dengan ibu atau bapak guru, saling menyapa, dan menebar senyum. Melalui pembiasaan ini, suasana di lingkungan SMP Negeri 2 Ampel dirasa menyenangkan dan memikat hati setiap person yang berkunjung ke sekolah.

Capaian Prestasi yang Membanggakan
Kelemahan di bidang non akademik bukan menjadi penghalang bagi siswa-siswi SMP Negeri 2 Ampel. Melalui pengembangan potensi bakat seninya, siswa SMP Negeri 2 Ampel pernah meraih Juara II tingkat kabupaten dalam lomba design grafis tahun pelajaran 2012/2013. Sebuah capaian yang amat membanggakan, karena bidang lomba ini diikuti oleh seluruh sekolah se-Kabupaten Boyolali. Siswa SMP Negeri 2 Ampel ternyata mampu mengalahkan siswa-siswi dari sekolah-sekolah favorit yang ada di Boyolali. Sebuah ukiran prestasi yang layak dibanggakan untuk menggapai prestasi-prestasi lainnya.
          Pengembangan potensi non akademik ini menjadi andalan bagi SMP Negeri 2 Ampel. Program pengembangan ini melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan bakat-bakat tertentu (terutama jika menghadapi event lomba tertentu). Kegiatan ekstra dikelompokkan jenis iman-takwa, olahraga, keilmuan, dan seni. Kelompok kegiatan yang bernuansa peningkatan iman-takwa melalui ekstra BTA (baca Tulis Al-Qur’an) dan Qiro (Membaca Al-Qur’an yang dilagukan). Kelompok kegiatan olahraga berupa sepakbola, basket, voli, dan renang. Kegiatan keilmuan yakni KIR (Karya Ilmiah Remaja) yang membekali para siswa untuk berlatih berpikir ilmiah dan melatih penelitian untuk skala siswa. Dan, kegiatan seni meliputi majalah dinding & jurnalistik, seni lukis, baca puisi, dan seni lainnya.
          Mayoritas pelajar SMP Negeri 2 Ampel secara alamiah memiliki jiwa seni yang dapat diandalkan. Setiap festival atau kegiatan parade kesenian tingkat kecamatan ataupun kabupaten Boyolali, tampilan pasukan reog para pelajar SMP Negeri 2 Ampel, selalu mengundang decak kagum para penonton festival yang jumlahnya ribuan.
          Kemampuan berkesenian para siswa SMP Negeri 2 Ampel ini selalu meramaikan acara di sekolah yang sifatnya insidental. Pada pelepasan beberapa guru yang alih tugas beberapa waktu lalu, siswa-siswa SMP Negeri 2 Ampel tampil dengan tarian yang memikat dan lagu-lagu yang amat mengesankan serta untaian kalimat yang dikemas dalam puisi dan geguritan yang memukau. Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya para siswa SMP Negeri 2 Ampel memiliki potensi-potensi emas yang layak ditonjolkan, yang mampu mengharumkan prestasi sekolah dan menggugah daya tarik bagi masyarakat luas.

          Ayo senantiasa berkarya SMP Negeri 2 Ampel. Jadikan sekolah kita bagai mercusuar bagi dunia pendidikan di Kabupaten Boyolali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar